Welcome to my blog \('v')/

9/14/2017

9 Manfaat Belajar Alat Musik




Musik merupakan salah satu bentuk budaya yang sudah ada sejak peradaban kuno. Musik biasanya
digunakan untuk mengiringi berbagai macam ritual. Contohnya saja di indonesia, berbagai acara atau
upacara adat suatu daerah biasanya diiringi oleh alat musik. bahkan setiap daerah memiliki alat musik
tradisionalnya masing-masing.
Ada beberapa macam orang yang menyukai musik. ada  yang suka mendengar musik dan ada yang suka memainkan alat musik ataupun orang yang suka mendengar dan memainkan alat musik,
Pada zaman sekarang, kita sendiri tahu bahwa musik sudah menjadi bagian dari hidup manusia. Contohnya saja film, film akan terasa hambar jika tidak diiringi efek-efek suara dan musik. bahkan acara-acara tv pun tidak terlepas dari unsur-unsur musik.
Tahukah anda bahwa belajar alat musik memiliki beberapa manfaat? Berikut 9 manfaat belajar alat musik.

1.      Mengetahui berbagai macam budaya.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, berbagai upacara adat biasanya mengandung unsur musik juga. Ketika kita belajar alat musik, dan mulai tertarik dengan berbagai genre musik, kita pun pastinya akan menemukan berbagai alira-aliran musik tradisional. Nah, dari sini kita bisa mengetahui musik apa dan dari mana musik tersebut berasal.
2.      Ketekunan
Belajar alat musik akan mengajarkan kita betapa pentingnya ketekunan untuk menjadi bisa. Karena secara otomatis, kita akan menyadari bahwa untuk bisa bermain alat musik kita tidak bisa untuk tidak tekun berlatih.
3.      Mengerti arti dari Sebuah Kerja keras
Selain ketekunan, kita juga memerlukan kerja keras untuk masuk ke tahap-tahap berikutnya. tidaklah mungkin seseorang bisa menjadi mahir tanpa bekerja keras, bahkan orang yang paling berbakat sekalipun. Saat kita telah mahir nanti, kita akan mengetahui bahwa kerja keras yang kita lakukan tidaklah sia-sia.
4.      Menghargai Waktu
Untuk menjadi bisa, kita mengetahui bahwa kerja keras tentunya sangatlah membutuhkan waktu .Tidaklah ada kerja keras dan ketekunan yang tidak menghabiskan waktu. apalagi jika saat itu kita sedang sangat-sangat bersemangat untuk belajar, ber-jam-jam pun rela kita habiskan untu belajar dan berlatih.
5.      Meningkatkan kreativitas
Kita tahu bahwa musik tidak dapat terlepas dari kreativitas. Bahkan maestro-maestro yang melegenda pun menguras banyak kreativitasnya untuk menghasilkan sebuah shymphony-shymphony yang indah. Ketika nanti kita ingin meng-cover sebuah lagu, tentunya kita membutuhkan kreativitas untuk mendapatkan hasil yang bagus.
6.       Meningkatkan Koordinasi Tubuh
Salah satu keuntungan pasti yang akan kamu dapatkan saat kamu belajar alat musik adalah akan membantu meningkatkan koordinasi tubuhmu. Misalnya saja saat kamu belajar gitar, di awal belajar kamu mungkin masih tertatih-tatih untuk pindah dari satu kunci ke kunci lainnya. Namun dengan latihan yang terus menerus, jari jemarimu akan lebih piawai untuk berpindah-pindah kunci.
7.       Dapat Mengekspresikan Jiwa Atau Perasaan
Dibanding dengan kata-kata, music lebih tepat untuk mengungkapkan perasaan yang sedang Anda rasakan. Anda bisa saja menangis tak tertahankan hanya dengan mendengar lagu “My Heart Will Go On” milik Celine Dion, hingga merasa berbunga-bunga saat mendengar lagu “Surat Cinta Untuk Starla” oleh Virgoun. Apalagi jika nanti kita telah bisa memainkan alat musik. Contohnya gitar, saat anda sedang merasa galau karena hubungan percintaan anda tidak berjalan lancar, anda bisa memainkan beberapa lagu galau yang sesuai dengan perasan anda saat itu. Bisa dipastikan, semua emosi anda akan keluar, dan setelahnya anda akan merasa lebih lega.
Musik apapun yang kamu dengarkan pasti akan menggoyang emosi dalam dirimu. Inilah kekuatan terbesar dari musik. Dia adalah ekspresi jiwa manusia yang tentu akan mempengaruhi emosi manusia lainnya.
8.      Menghilangkan Stress.
Saat sedang stress anda boleh mencoba untuk mendengar beberapa lagu bersemangat untuk mengubah mood anda. Atau mungkin kalian yang sedang stress dan tak bisa tidur, kalian bisa memutar beberapa lagu untuk menghantarkan anda ke alam mimpi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, musik mampu untuk mempengaruhi emosi. Bermain alat musikpun sama. Perlu diketahui bahwa bernyanyi sambil bermain alat musik bisa meningkatkan mood anda.
9.       Melatih Kepercayaan Diri
Ketika anda telah bisa memainkan alat musik, ada kemungkinan bahwa anda akan diajak untuk tampil di sebuah acara pertunjukan. Atau mungkin anda justru berinisiatif untuk mendaftarkan diri ke sebuah acara atau lomba. Nah dari sini, anda akan tahu rasanya berdiri di depan juri ataupun orang banya. Saat pertama kali anda mungkin akan merasa gugup. Namun dari sinilah percaya diri anda akan muncul secara alami.
Itulah 9 Manfaat Belajar Alat Musik, semoga bermanfaat bagi anda. 

“Jangan anggap diri anda tidak berbakat, jika anda belum berusaha keras.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar