Welcome to my blog \('v')/

1/08/2019

Kahoot!


Kahoot adalah permainan berbasis platform pembelajaran gratis, sebagai teknologi pendidikan. 


Kahoot adalah sebuah website di internet yang dapat menghadirkan suasana kuis yang meriah ke dalam kelas. Dengan bermain Kahoot ini pembelajaran menjadi sangat menyenangkan dan membuat para peserta didik tidak bosan mengikuti pembelajaran yang sangat sulit dimengerti. NAmun bermian Kahoot ini sangat memerlukan koneksi internet itulah syarat utamanya. Karena kuis atau pertanyaan yang tersedia dan dibuat menggunakan kahoot hanya bisa dimainkan secara online. Jadinya ada serunya dan ada gak enak juga sih karena yaitu jika tidak punya koneksi internetnya maka gak bisa bermain deh hanya bisa menonton saja. Namun ada kelebihanya juga sih yaitu sangat menariknya, kuis ini tidak hanya bisa dijalankan melalui PC, namun bisa dengan smartphone-pun bisa dengan syarat yang sama, bisa internet atau online. Kahoot terbagi menjadi dua yaitu untuk peserta dan untuk adminnya.

Ada dua langkah yang harus kita lakukan dalam bermain kuis dalam permainann Kahoot. Langkah pertama adalah membuat kuis kahoot, dan langkah kedua adalah memainkan kuis kahoot.
Untuk peserta beralaman di kahoot.it, sedangkan untuk admin https://getkahoot.com/. Admin dapat melakukan login menggunakan akun Gmail, atau akun lainnya. Tentunya ini memudahkan bagi yang sudah memiliki akun Gmail atau FB, karena dapat menggunakan single ID. Kahoot memiliki 4 fitur: game, kuis, diskusi dan survey. Untuk game, kita bisa membuat jenis pertanyaan, dan menentukan jawaban yang paling tepat serta waktu yang digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Uniknya, jawaban nantinya akan diwakili oleh gambar dan warna. Peserta diminta memilih warna/gambar yang mewakili jawaban.

Kahoot sangat bermanfaat apabila digunakan di dalam kelas dalam proses belajar mengajar. Pengajar dapat memanfaatkan kahoot sebagai media untuk membuat kuis dimana siswalah yang menjadi pesertanya. Kuis dapat dilakukan antar kelompok maupun secara individu. Cara seperti ini akan menarik perhatian para siswa zaman sekarang, dimana siswa telah mengenal smartphone, internet, dan kegunaannya.

Berikut adalah contoh soal yang sudah saya buat. Klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar